Saturday, January 23, 2016

Solanum melongena L

Pusat asal masih kontroversi dan diperdebatkan. Diduga berasal dari India tetapi terdapat pula catatan di China bahwa sudah ada sejak 2000 tahun yang lalu. Kedua area tersebut memiliki keragaman populasi terong liar yang sangat tinggi. Namun berdasarkan studi variasi allozyme diduga S. melongena berasal dari spesies S. incanum.

Agroekologi tergantung varietas, bervariasi mulai dari yang tahan iklim tropis dan temperate yang dingin. Tanaman tumbuh dengan baik pada temperature antara 20-35°C, di bawah suhu 20°C dan di atas 40°C menghambat pertumbuhan. Pada temperature 10-12°C pertumbuhan sangat terhambat dan bahkan es dapat mematikan tanaman. Pada pencahayaan penuh dan air berlimpah sangat disukai, demikian pula tanah yang subur, kaya unsur hara, dan drainase yang baik. Namun tanaman tidak tahan terhadap kondisi genangan dan tanah sangat asam.

Pemanfaatan S. melongena yaitu dapat dimakan segar sebagai salad atau lalab, atau setelah direhidrasi dari potongan terong kering. Kebanyakan dimakan setelah diolah terlebih dahulu seperti dipanggang, digoreng, atau dikukus dengan campuran bumbu dan sayuran lainnya atau pun dengan daging dan ikan. Biasa juga dimasak sebagai menu kari.

Herba annual sampai semi semak perennial berumur pendek, tinggi 60-150 m, bercabang; perkaran tunggang yang panjang; batang dan daun dengan atau tanpa duri, memiliki trikoma stelata. Daun alternatus, sederhana, petiol 2-4,5 cm. Bentuk daun ovatus sampai oblong ovatus 6-18 x 5-11 cm, berbulu kadang dengan sedikit duri halus, pada kedua permukaan daun; basal daun cordatus, apeks obtusus, tepi sinuate-lobed. Perbungaan soliter umumnya, sedikit atau jarang dijumpai rasemos tereduksi. Bunga Andromonoecious, pedicel 1-1,8 cm, kaliks campanulat dengan lonjong lanset, stellate, dengan duri 3 mm pada abaksial, korola campanulat denga lokus deltoid 3-4 cm diameter, berwarna ungu, filament 4-7 dengan kapasitas hijau pada lokus stigma. Buah sangat bervariasi dalam bentuk maupun ukuran dan warna, mulai dari globose, ovoid, obovoid, elongate atau serpentine. Tipe buah berry 2-35 cm panjangnya, warna pada tahap komersial seperti: putih, hijau, kuning, ungu, ungu abu-abu. Biji banyak bentuk renticular sampai reniform, flat/pipih, coklat pudar, berukuran 2,8-3,9 x 2,5-3,5 mm (Lim 2013).
Gambar Solanum melongena L. kiri: habitus, tengah: bunga, kanan: buah

0 comments:

Post a Comment