Saturday, January 23, 2016

Syarat Tumbuh Cytrus sp (Ekologi)


Berdasarkan letak lontangnya, tanaman jeruk mempunyai 3 daerah pertumbuhan yaitu:
1.    Daerah subtropis, yang terletak antara 30-40o lintang utara/lintang selatan (LU/LS), beriklim mediteran dengan cukup banyak hujan pada musim dingin dan sangat panas pada musim panas.
2.    Daerah semitropik dari 20-28o LU/LS beriklim dingin, kering dan panas, daerah panas pada musim panas (hot summer) seperti di daerah Florida dan Brazil.
3.    Daerah tropik, antara 0-20o LU/LS. Pada daerah ini tidak terdapat masa dingin yang jelas, dan hujan terjadi hampir sepanjang tahun.

Pertumbuhan dan perkembangan  tanaman jeruk pada tiga daerah tersebut sangat mencapai periode yang lebih lama. Pada daerah tropik, bila buah telah matang, namun lama berbeda. Kemungkinan mengatur tanaman agar berbunga di luar musim semakin besar pada daerah tropik. Pada daerah tropik umur panen buah lebih pendek 2-3 bulan. Perbedaan kecepatan kematangan buah bahkan dapat tinggal di pohon (belum dipetik) akan menyebabkan turunnya kualitas buah. Sedangkan permasalahan di daerah subtropik ialah terjadinya keterlambatan panen karena gangguan musim dingin.

Kualitas buah di daerah tropik pertumbuhan juga berbeda. Di daerah tropik buah cenderung lebih besar, mengandung sari buah lebih banyak, namun rendah kandungan asam sitratnya. Introduksi tanaman dari daerah satu ke daerah dua ataupun ke daerah tiga menimbulkan perbedaan warna kulit buah. Karena suhu malam hari di daerah tropik kurang dingin, warna kulit tetap hijau atau tidak berubah menjadi kuning, sedangkan bila ditanam di daerah asalnya (1 atau 2) warnanya oranye cerah. Tanaman jeruk tidak tahan terhadap naungan, dan pada daerah yang lembap serangan hama dan penyakit sukar dikendalikan.

Turunnya hujan pada saat berbunga akan sangat merugikan tanaman jeruk, karena banyak bunga dan buah kecil yang gugur. Dalam keadaan seperti ini adanya drainase sangat membantu mencegahnya. Sekalipun tanaman jeruk dapat tumbuh pada beberapa jenis tanah, tetapi keadaan fisik tanah harus dijaga sebaik-baiknya. Tanaman jeruk tumbuh baik pada kisaran pH tanah antara 5-6, pada pH tanah yang lebih tinggi, sering terjadi defisiensi hara terutama unsur mikro Zn, Cu, Mn dan Fe. Tanah yang mengandung kadar Boron serta bergaram tinggi kurang baik bagi pertumbuhan tanaman jeruk.
Klasifikasi  (Depkes, 2001) :
Divisi          : Spermatophyta
Sub divisi    : Angiospermae
Kelas           : Dicotyledonae
Bangsa        : Rutales
Suku           : Rutaceae
Marga         : Citrus
Jenis          : Citrus sp.

0 comments:

Post a Comment